Analisis Minat Nasabah Pada Penggunaan Aplikasi BSI Mobile Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Bank BSI KCP Rantauprapat

Authors

  • Muhammad Vadly Azhar Lubis Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, Indonesia
  • Onan Marakali Siregar Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, Indonesia

Keywords:

Mobile Banking, Minat Nasabah, Loyalitas

Abstract

Mobile banking merupakan layanan perbankan yang memungkinkan nasabah bank melakukan transaksi perbankan melalui ponsel atau smartphone, seperti halnya BSI Mobile. Namun, jumlah pengguna BSI Mobile masih sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah nasabah di Bank BSI KCP Rantauprapat. Rendahnya minat nasabah pada penggunaan BSI Mobile di Bank Syariah Indonesia KCP Rantauprapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain masih banyaknya nasabah yang belum menggunakan smartphone, keterbatasan nasabah dalam mengoperasikan aplikasi/teknologi yang meliputi keterbatasan kemampuan dan pengetahuan, serta daerah tempat tinggal belum sepenuhnya didukung jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana minat nasabah pada penggunaan aplikasi BSI Mobile dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan pada Bank BSI KCP Rantauprapat. Sehingga dapat diketahui tinggi atau rendahnya minat nasabah pada penggunaan BSI Mobile.
Bentuk penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan didukung dengan pengambilan data kuantitatif. Penelitian ini bermaksud menggambarkan kejadian atau fakta yang terdapat pada suatu objek penelitian dengan cara melakukan wawancara yang dibandingkan dengan data pendukung yang didapatkan dengan cara penyebaran kuesioner.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa minat nasabah pada penggunaan BSI Mobile masih tergolong rendah sehingga masih banyak nasabah yang belum menggunakan layanan BSI Mobile. Selain itu, didapatkan hasil penelitian yang menunjukkan nasabah yang berminat dan mengggunakan ataupun belum menggunakan. Disamping itu, BSI Mobile dapat meningkatkan loyalitas nasabah dengan kemudahan-kemudahan transaksi yang diberikan pihak bank kepada nasabah. Nasabah yang tidak menggunakan layanan BSI Mobile juga tetap menjadi nasabah yang loyal pada Bank BSI KCP Rantauprapat karena respon baik dan aktif dari pihak bank dalam memenuhi kebutuhan nasabah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Assauri, Sofjan. Strategic Marketing: Sustaining Lifetime Customer Value. Jakarta: Rajawali Pers. 2013.
[2] Griffin, Jill. Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga. 2005.
[3] Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. 2009.
[4] Kusumo Y, Tachta Tri. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Untuk Mengikuti PPAK (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal
Vol. 8 No. 1. Malang: Universitas Brawijaya. 2019.
[5] Sharma, Himani. Bankers Perspective on E-Banking. Global journal of Research in Management. Jurnal Vol. 1, No. 1. 2011.
[6] Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2010.
[7] Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2010.
[8] Triyanti, Debi, Reny Fitriana Kaban, dan Muhammad Iqbal. Peran Layanan Mobile Banking dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah. Jurnal Vol. 2 No. 1. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta. 2021.
[9] Vildayanti, Rina Ayu. The Effect of Experiential Marketing on Excelso Cafe Customer Loyalty in Central Jakarta 2019. Jurnal Vol. 6 No. 4. Jakarta: Universitas Budi Luhur. 2020.

Downloads

Published

2021-11-26

Issue

Section

Articles

Citation Check