Pelatihan Pengoperasian Mesin Grinder Kompos Untuk Pengolahan Limbah Organik Sebagai Pakan Maggot Di Wisata Kampung Kelengkeng Desa Simoketawang, Sidoarjo

Authors

  • Fatkhurrohman Fatkhurrohman Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • Rizky Ramadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • Maulana Aditya Wahyu Purnama Aji Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • Yogi Maulana Yuliansyah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • Alexander Aldi Perdana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • Marcelino Chandra Sakti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia

Keywords:

Pelatihan, pengoperasian, mesin grinder kompos, imbah sampah organic, maggot

Abstract

BSF (Hermetia Illucens) adalah sejenis lalat berwarna hitam yang larvanya (maggot) mampu mendegradasi sampah organik. Maggot atau belatung yang dihasilkan dari telur lalat hitam (BSF) sangat aktif memakan sampah organik. Desa Simoketawang saat ini tengah melakukan budidaya maggot di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). Dimana Maggot yang sudah menjadi prepupa maupun bangkai lalat BSF masih bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak karena kaya protein. Kepompongnya juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk, sehingga dalam proses budidayanya tidak menghasilkan sampah baru. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan warga Desa Simoketawang menyelesaikan masalah lingkungan hidup yang berhubungan dengan sampah organik dengan cara teknologi biokonversisampah organik rumah tangga menggunakan  larva lalat BSF yang mana sampah dicacah menggunakan mesin grinder kompos yang selanjutnya diguanakan sebagai pakan maggot. Metode pelatihan dilakukan dengan demonstrasi kepada karang taruna tentang pengoperasian mesin grinder kompos, yang hasilnya kemudian digunakan sebagai bahan pakan maggot. Dari kegiatan pelatihan ini, pemuda karang taruna dapat mengoperasikan dan melakukan perawatan apabila terjadi kendala pada mesin grinder. Kegiatan pelatihan pengoperasian mesin grinder kompos telah sukses dilakukan kepada pemuda karang taruna Desa Simoketawang, Sidoarjo dengan harapan kedepannya pemuda karang taruna dapat melanjutkan pengelolaan mesin dan budidaya maggot.

References

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, " KLHK Ajak Ibu Rumah Tangga Kelola Sampah Dari Sumbernya,"ppid. menlhk. go.id /siaran_pers /browse/1382., Diakses pada tanggal 01 november 2022.

L. Monita, S. H. Sutjahjo, A. A. Amin, and M. R. Fahmi, “PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK PERKOTAAN MENGGUNAKAN LARVA BLACK

SOLDIER FLY (Hermetia illucens),” J. Pengelolaan Sumberd. Alam dan Lingkung. (Journal Nat. Resour. Environ. Manag., vol. 7, no. 3, pp. 227–234, 2017, doi: 10.29244/jpsl.7.3.227-234.

M. Fauzi, L. H. M, Q. A. S. R, and N. Hernahadini, “Pengaruh Pupuk Kasgot (Bekas Maggot ) Magotsuka terhadap Tinggi , Jumlah Daun , Luas Permukaan Daun dan Bobot Basah Tanaman Sawi Hijau ( Brassica rapa var . Parachinensis ),” J. iImu-Ilmu Pertanianlmu Pertan., vol. 20, no. 1, pp. 20–30, 2022.

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Articles

Citation Check