SISTEM ANTRIAN DENGAN METODE MULTI CHANNEL SINGLE PHASE PADA CUSTOMER SERVICE BANK NAGARI (STUDI KASUS BANK NAGARI CABANG SITEBA)

Authors

  • Fitri Dwi Novita Sari Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Yunita Primasanti Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Erna Indriastiningsih Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

sistem antrian, simulasi, arena

Abstract

Latar Belakang : Proses antrian merupakan suatu proses yang berhubungan dengan kedatangan pelanggan pada suatu fasilitas pelayanan, menunggu dalam baris antrian, dilayani dan akhirnya meninggalkan fasilitas tersebut sesudah dilayani.

Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk usulan perbaikan yang optimal (jumlah server optimal) sehingga dapat mengurangi sistem antrian di Bank Nagari cabang Siteba.

Metode : Metode yang digunakan adalah metode simulasi dengan software Arena 15.0. Data yang diperlukan yaitu data waktu antar kedatangan dan waktu pelayanan.

Hasil : Berdasarkan hasil analisa kondisi awal, nilai rata-rata waiting time 19.5466 menit untuk CS 1 dan 27.1319 menit untuk CS 2, rata-rata number waiting 0.9216 orang untuk CS 1 dan 1.3899 orang untuk CS 2, rata-rata utilization 0.8238 untuk CS 1 dan 0.8849 untuk CS 2. Berdasarkan hasil usulan perbaikan yang telah dirancang dan dijalankan dengan mengasumsikan penambahan satu fasilitas stasiun pelayanan.

Kesimpulan : Penambahan stasiun, dapat menurunkan antrian menjadi nilai rata-rata waiting time 9.4036 menit untuk CS 1, 6.2453 menit untuk CS 2, dan 8.4417 menit untuk CS 3, rata-rata number waiting 0.3077 orang untuk CS 1, 0.1924 orang untuk CS 2, dan 0.3005 untuk CS 3, rata-rata utilization 0.6041 untuk CS 1 dan 0.5990 untuk CS 2, dan 0.6289 untuk CS 3.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Kholis, Hendra Nurjaya, dkk. 2018. Analisis Sistem Antrian Pada Proses Pelayanan Konsumen di Rumah Makan. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, Vol. 4 No. 1, 14-19.

Prihati, yani. 2012. Simulasi dan permodelan sistem antrian pelanggan di loket pembayaran rekening xyz semarang. Majalah ilmiah informatika vol. 3 no. 3.

Purwanto, Teguh Apriyono. 2019. Analisis Sistem Antrian Menggunakan Software Simulasi Arena Pada PT Indomobil Trada Nasional (Nissan Depok). Jurnal IKRA-ITH INFORMATIKA Vol 5 No 2.

Ramadhan, maulana yusuf & dkk. 2021. Analisis ukuran kinerja sistem pelayanan pada antrian Alfamidi jalan HS. Ronggo Waluyo Karawang. Jurnal noe, vol 4, no 01, 35-44.

Suharto, Muhammad Yuri. 2019. Analisis Penerapan Teori Antrean Pada Mie Gacoan Cabang Jamber. Jember: Universitas Jember.

Sugiarto, F & Buliali, L. 2011. "Implementasi Simulasi Sistem Untuk Optimasi Proses Produksi Pada Perusahaan Pengalengan Ikan". Jurnal Teknik Industri ITS. Vol. 1.

Yowono, Gangsar Cahyo. 2015. Analisis sistem antrian servise mobil di PT Tunas Mobilindo Perkasa dengan menggumakam simulasi ARENA. Jakarta: Universitas Darma Persada.

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Articles

Citation Check