Pendampingan Belajar bagi Siswa di Daerah Pinggiran
Keywords:
KKN, siswa, desa pinggiranAbstract
Kegiatan belajar mengajar saat ini sudah dilakukan secara tatap muka, hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang sudah mulai mereda di bulan Juli tahun 2022. Mahasiswa Universitas Sahid Surakarta melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Sindon Kecamatan Ngemplak, Kabupaten boyolali, Jawa Tengah bulan Juli tahun 2022 lalu. Kegiatan yang dilakukan salah satunya adalah membantu belajar anak-anak di desa tersebut baik dalam pendidikan formal maupun informal. Hasilnya, selama program KKN, terdapat peningkatan motivasi dan pemahaman anak terhadap materi ajar yang didapat dari sekolah.
Downloads
References
Z. Mahrofi, “Mendes PDTT ajak mahasiswa berkolaborasi percepat pembangunan desa,” antaranews.com, 2022. https://www.antaranews.com/berita/2688921/mendes-pdtt-ajak-mahasiswa-berkolaborasi-percepat-pembangunan-desa.
S. D. Hasanah and R. Aziz, “Pemberdayaan Masyarakat dalam Mengajar dan Pengembangan Umkm di Masa Pandemi Covid-19,” in UIN Sunan Gunung Jati Bandung, 2021, vol. 1, no. 14, [Online]. Available: https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings.
Sudarwati et al., “Melalui Kkn Tematik Covid – 19 Uniba Tahun 2020 Membudayakan Hidup Sehat Di Era New Normal Sebagai Upayamelawan Covid- 19,” J. Budimas, vol. 02, no. 01, pp. 43–49, 2020.
N. Wardani, A. Z. Putra, S. Saputra, and E. N. Lydia, “Upaya Pengelolaan dan Pemberdayaan Masyarakat Guna Meningkatkan Hasil Laut Desa Ulee Blang Kec. Idi Rayeuk pada KKN Tematik Universitas Samudra 2021,” J. Abdi Masy. Indones., vol. 2, no. 1, pp. 281–290, 2022, doi: 10.54082/jamsi.227.
A. N. Cahya et al., “Penguatan Literasi Anak Di Desa Kuala Sempang Kabupaten Bintan,” JPPM Kepri J. Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy. Kepul. Riau, vol. 2, no. 1, pp. 13–21, 2022, doi: 10.35961/jppmkepri.v2i1.421.
T. Kasus and D. I. Seklenting, “Pola pendidikan anak di wilayah terpencil (kasus di seklenting wedung, demak),” 2020.