Hasil Belajar Kalkulus Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika
Keywords:
Hasil belajar, kalkulus, kemampuan awal, matematikaAbstract
Kemampuan awal matematika merupakan salah satu faktor yang sangat diperlukan dalam mempelajari mata kuliah kalkulus karena kemampuan awal matematika yang didapat dari jenjang pendidikan sebelumnya dapat menguatkan konsep dasar matematika yang banyak digunakan dalam mata kuliah kalkulus dasar. Rendahnya kemampuan awal matematika mahasiswa dapat mempengaruhi hasil belajar kalkulus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meninjau apakah kemampuan awal matematika mahasiswa berpengaruh terhadap hasil belajar Kalkulus. Kemampuan awal yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kemampuan dasar matematika mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah expost facto dengan analisis regresi sederhana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang mahasiswa menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian diperoleh dari nilai tes kemudian dianalisis menggunakan software SPSS. Berdasarkan hasil analisis statistic secara empirik menunjukan adanya hubungan antara kemampuan awal matematika mahasiswa dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus. Hasil dari Penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari kemampuan awal matematika mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus, dapat dilihat dari hasil persamaan regresi : Ŷ = 27,882 + 0,641x yang menunjukkan semakin tinggi kemampuan awal matematika mahasiswa maka semakin besar hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Kemampuan awal matematika berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahaiswa pada mata kuliah kalkulus.
Downloads
References
W. Lestari, “Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika,” J. Anal., vol. 3, no. 1, p. 76, 2017, doi: 10.15575/ja.v3i1.1499.
K. Tampubolon and C. F. Sianturi, “Hubungan Pengetahuan Kalkulus Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa STMIK Budi Darma Medan,” KAKIFIKOM, vol. 02, no. 01, pp. 69–74, 2020.
Y. Z. Fernandez, Y. Anggraeni, and C. Limbong, “Hubungan Hasil Belajar Kalkulus Diferensial dan Kalkulus Integral Terhadap Hasil Belajar Kalkulus Lanjut Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma,” J. Sains dan Edukasi sains, vol. 3, no. 2, pp. 58–65, 2020.
T. Z. Mutakin, “ANALISIS KESULITAN BELAJAR KALKULUS 1 MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA,” J. Form., vol. 3, no. 1, pp. 49-60 (ISSN : 2088-351X), 2018.
M. A. Shidik, “Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kaledupa Kabupaten Wakatobi,” Bio-Edu J. Pendidik. Biol., vol. 4, no. 2, pp. 79–86, 2019, doi: 10.32938/jbe.v4i2.395.