English Based Smart Innovation Di SMK BHINA KARYA dan SATYA KARYA Karanganyar
Keywords:
Pembelajaran interaktif, bahasa Inggri, video interaktif, hasil belajarAbstract
Media pembelajaran adalah komponen pembelajaran yang sangat penting sebagai sarana dalam menyampaikan materi. Media dalam pembelajaran dapat memberikan dampak positif dan manfaat yang sangat luar biasa dalam memudahkan proses belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media konvensional dan video interaktif. Tahapan metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest dan postest design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Bhina Karya Karanganyar dan SMK Satya Karya Karanganyar. Pengambilan kelas penelitian melalui teknik random sampling berdasarkan penyesuaian materi dengan kurikulum kelas. Kegiatan dalam analisis data meliputi kegiatan pengolahan data dan analisis statistik. Uji ini dilakukan terhadap data pre test dan postest, perubahan skor postest dari skor pre test terhadap kelompok eksperimen. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran melalui video interaktif mampu memotivasi siswa sehingga prestasi belajar meningkat.
Downloads
References
Aisyah, N, Widiyanto, B dan Fatkhurrohman, M.A. 2018. “Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Sistem muskuloskeletal terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP N 12 Kota Tegal”. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti JPMP Volume 2 Nomor 1.
Arda dan Darsikin. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa Smp Kelas VIII”. e-Jurnal Mitra Sains, Volume 3 Nomor 1.
Fatah, Syamsul Ma’arif Al Fatah; Jupriyanto, dan Cahyaningtyas, Andarini Permata. 2019. “Analisis Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar”. Jurnal Pesona Dasar Vol.7 No.2, Oktober 2019, hal. 18 – 25 ISSN: 2337-9227.
Ferawati. 2011. “Model Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Generik Sains Guru Fisika pada Topik Fluida Dinamis”. Prosiding Penelitian Bidang Ilmu Eksakta 2011, (2011),hal: 1-10.
Kahfi, Martin; Srirahayu Erna; dan Nurparida. 2021. “Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA”. Jurnal PETIK Volume 7, No 1, p-ISSN : 2640-7363 e-ISSN : 2614-6606.
Kurniawati, I.D dan Nita, S. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa”. Journal of Computer and Information Technology Vol.1, No. 2.
Prastika, L. R., dkk. 2015. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Model Instructional Games terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika”. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran dan Sains 2011 (SNIPS 2015) Bandung, (2015): hlm 397-400.
Saidah, L., Wijoyo, S., & Wicaksono, S. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, p. 8695-8705, sep. 2019. ISSN 2548-964X.
Tarigan, D Dan Siagian, S. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi”. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, Vol. 2, No. 2.
Wiyono, K., dkk. 2009. “Model Pembelajaran multimedia Interaktif Relativitas Khusus untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA”. Makalah Seminar Nasional Pendidikan di FKIP Universitas Sriwijaya Palembang, (2009): hal: 1-12.
Zulhelmi, Adlim dan Mahidin. 2017. “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01.