Peran Pemanfaatan E-Commerce dan Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM

Authors

  • Darwin Lie Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung, Indonesia
  • Robert Tua Siregar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung, Indonesia
  • Hery Pandapotan Silitonga Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung, Indonesia
  • Ruth Tridiyanti Sianipar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung, Indonesia
  • Juan Anastasia Putri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung, Indonesia

Keywords:

E-commerce, Inovasi Produk, Kinerja UMKM

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh e-commerce dan inovasi produk terhadap kinerja umkm pada kecamatan siantar marimbun. Menggunakan desain penelitian kepustakaan dan lapangan. Informasi yang disajikan dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner, melakukan wawancara dan dokumentasi kepada pemilik usaha. Adapun dalam hal analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, analisis deskriptif kualitatif, dan analisis deskriptif kuantitatif. Adapun populasi  penelitian sebanyak 37 usaha yang bergerak di bidang fashion di kecamatan siantar marimbun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara e-commerce dan inovasi produk terhadap kinerja UMKM baik secara simultan maupun parsial serta terdapat hubungan yang kuat antara e-commerce dan inovasi produk dengan kinerja UMKM. Kemudian tinggi rendahnya kinerja UMKM dapat dijelaskan oleh e-commerce dan inovasi produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. T. Siregar, R. S. Sinaga, I. R. Nasution, C. Nasution, F. Panjaitan, and I. Modifa, “Regional Development Environment: Implementation, Realization & Contribution of Revenue in Pematangsiantar,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 469, no. 1, pp. 1–8, 2020, doi: 10.1088/1755-1315/469/1/012052.

R. T. Siregar, H. P. Silitonga, and J. A. Putri, “Development Strategy for Micro , Small and Medium Enterprise ( MSMEs ) in Pematangsiantar City,” J. Konsep Bisnis Dan Manaj., vol. 6, no. 2, pp. 133–142, 2020.

Ayu, N. Hanum, and A. Sinarasri, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E Commerce Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Umkm (Studi Kasus Umkm Di Wilayah Kota Semarang),” Maksimum, vol. 8, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.26714/mki.8.1.2018.1-15.

A. S. Nana Triapnita Nainggolan, Munandar, P. H. Lora Ekana Nainggolan, Fuadi, D. G. Dewa Putu Yudhi Ardiana, Acai Sudirman, A. H. P. K. Nina Mistriani, and D. G. Astri Rumondang, Perilaku Konsumen Di Era Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

F. Halim, Sherly, and A. Sudirman, Marketing dan Media Sosial. Bandung: Media Sains Indonesia, 2020.

E. D. Saputri, D. P. S. Ningtyas, and N. Kustiningsih, “PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP PENINGKATAN KINERJA UMKM OT APPAREL,” vol. 1, 2020.

R. Irwansyah et al., Marketing Digital Usaha Mikro. Bandung: Widina Bhakti Persada, 2021.

I. Ayesha, F. Redjeki, A. Sudirman, A. Leonardo, and D. F. Aslam, “Behavior of Female Entrepreneurs in Tempe Small Micro Enterprises in Tasikmalaya Regency , West Java as Proof of Gender Equality Against AEC,” in Proceedings of the 2nd Annual Conference on Blended Learning, Educational Technology and Innovation (ACBLETI 2020), 2021, vol. 560, no. Acbleti 2020, pp. 124–130.

Sherly, F. Halim, and A. Sudirman, “The Role Of Social Media In Increasing Market Share Of Msme Products In Pematangsiantar City,” J. Manaj. dan Bisnis, vol. 9, no. 2, pp. 61–72, 2020.

M. K. Qteishat, “THE IMPACT OF E-TICKETING TECHNIQUE ON CUSTOMER SATISFACTION : AN EMPIRICAL ANALYSIS,” vol. 11, no. 3, pp. 519–532, 2014, doi: 10.4301/S1807-17752014000300001.

G. Chandra, T. Fandy, and Yanto Chandra, Pemasaran Global INTERNASIONALISASI DAN INTERNETISASI, I. Yogyakarta: Yogyakarta ANDI, 2014.

P. Kotler and Keller, Marketing Management. Pearson Education, 2012.

N. F. Suyuthi et al., Dasar-Dasar Manajemen Teori, Tujuan dan Fungsi, 1st ed. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

W. L. Hardilawati, S. H. Sandri, and I. D. Binangkit, “The Role of Innovation and E-Commerce in Small Business,” no. December, 2019, doi: 10.2991/iccelst-ss-19.2019.18.

W. Keegan and M. Green, GLOBAL MARKETING, Eight Edit. England: England Pearson Education, 2015.

F. K. Marpaung, R. S. Dewi, E. Grace, M. Sugiat, and A. Sudirman, “Behavioral Stimulus for Using Bank Mestika Mobile Banking Services : UTAUT2 Model Perspective,” Golden Ratio Mark. Appl. Psychol. Bus., vol. 1, no. 1, pp. 61–72, 2021.

W. Dhewanto, R. Indradewa, W. N. Ulfah, S. Rahmawati, G. Yoshanti, and C. Zendry, Manajemen Inovasi Untuk Usaha Kecil Dan Mikro, Cetakan 1. Bandung: Bandung Alfabeta, 2015.

P. and G. A. Kotler, Prinsip-prinsip Pemasaran, 13th ed. Jakarta: Jakarta Erlangga, 2016.

M. Chairunisa, “Sistem Pengendalian Diagnostik, Sistem Pengendalian Interaktif, Inovasi, Kinerja Organisasi (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Di Jawa Barat),” J. Profita, vol. 12, no. 2, p. 342, 2019, doi: 10.22441/profita.2019.v12.02.012.

D. Aribawa, “PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA DAN KEBERLANGSUNGAN UMKM DI JAWA TENGAH,” Oral Maxillofac. Surg., vol. 18, no. 4, pp. 425–430, 2014, doi: 10.1007/s10006-013-0431-4.

A. Irfangi and T. Lukmanudin, “Analisis Kinerja UMKM Skala Lokal,” vol. 3, no. 1, pp. 43–54, 2021.

M. Tobyn, A. P. Ferreira, C. Morris, and J. C. Menezes, “The Preeminence of Multivariate Data Analysis as a Statistical Data Analysis Technique in Pharmaceutical R&D and Manufacturing,” Multivar. Anal. Pharm. Ind., pp. 3–12, 2018, doi: 10.1016/b978-0-12-811065-2.00001-1.

N. I. P. Simarmata et al., Metode Penelitian Untuk Perguruan Tinggi. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.

E. Purba et al., Metode Penelitian Ekonomi. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.

N. D. Djajasinga, L. Sulastri, A. Sudirman, A. L. Sari, and L. Rihardi, “Practices in Human Resources and Employee Turnover in the Hospitality Industry,” in Proceedings of the 2nd Annual Conference on Blended Learning, Educational Technology and Innovation (ACBLETI 2020) Practices, 2021, vol. 560, no. Acbleti 2020, pp. 113–117.

R. Watrianthos et al., Kewirausahaan dan Strategi Bisnis. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

D. U. Sutiksno et al., Tourism Marketing. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

I. P. Yadnya, I. W. Santika, and H. Pembahasan, “PENGARUH INOVASI , E-COMMERCE ADOPTION , DAN COMPETITIVE ADVANTAGE TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UKM DI DENPASAR,” no. September 2016, p. 2017, 2017.

W. Mulyadi, R. E. Tarigan, and A. E. Widjaja, “Pengaruh Inovasi, Kreativitas, dan Kepuasan Konsumen terhadap Keunggulan Kompetitif: Sebuah Studi Kasus,” Pros. Semin. Nas. Inov. dan Teknol. Inf., no. November, pp. 1610–1615, 2016.

U. Basoeky et al., Pemanfaatan Teknologi Digital: Dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.

Downloads

Published

2022-12-06

Issue

Section

Articles

Citation Check