GAMBARAN REGULASI EMOSI PADA KORBAN BULLYING DI SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA

Authors

  • Ezra Addo Setiawan Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Sri Ernawati

DOI:

https://doi.org/10.47942/jiki.v16i2.1565

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih dalam mengenai bagaimana regulasi emosi yang ditunjukkan pada korban bullying serta untuk mengetahui mengapa korban bullying tidak melakukan tindakan balasan atas apa yang diterimanya. Metode yg digunakan ialah metode deskriptif kualitatif. Penulis yang akan menjadi instrument dalam penelitian dan analisis dilakukan secara terus menerus dari awal penelitian hingga analisis data. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 7 orang yang dimana 5 siswa korban bullying kelas 11 SMK Muhammadiyah Kartasura dan 2 guru BK sebagai informan pendukung. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode interview/wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil wawancara dari ke 7 subjek, dapat diperoleh bahwa hampir semua korban bullying di SMK Muhammadiyah Kartasura sebagian besar mendapat bullying secara verbal seperti body shamming, mengejek dengan nama ortu dan sangat jarang adanya bullying secara fisik. Para korban lebih menghiraukan bullying yang diarahkan ke mereka. Korban memiliki regulasi emosi yang cukup baik dalam menghadapi perundungan, tidak mengambil keputusan yang gegabah.Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa subjek yang menjadi korban bullying di SMK Muhammadiyah Kartasura memiliki regulasi emosi yang baik dalam mengatasi suatu permasalahan. Hal ini disebabkan karena subjek memiliki kemampuan untuk menahan diri dan tidak terpengaruh dampak negatif dari bullying tersebut membuat subjek tetap dapat berpikir dengan baik serta mampu mengontrol emosinya. Dengan mempertimbangkan dampak yang lebih buruk dari membalas pelaku maupun melaporkan ke guru atau orang tua, membuat korban belajar menahan emosinya

References

Agustina. (2017). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja SMK Namira Tech Nusantara Medan. Skripsi Jurusan Psikologi Perkembangan.Medan : Universitas Medan Area.

Catshade. (2007). Bullying Dalam Dunia Pendidikan. Retrieved from http://www.sejiwa.org/bullying

Dewi, S. (2021). Strategi Regulasi Emosi Dalam Menangani Masalah Pada Kepengurusan Organisasi Gerakan Pramuka Racana Makkiade-Malebi IAIN Pare Pare. Skripsi Jurusan Bimbingan Dan Konseling Islam.Pare Pare : Institut Agama Islam Negeri Pare Pare.

Ellisyani, S. (2016). Regulasi Emosi Pada Korban Bullying Di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. PSIKIS : Jurnal Psikologi Islami. Volume 2 Nomor 1.

Erickson. (2001). Dressing The Problem of Juvenile Bullying. OJJDP Fact Sheet June 2001 #27. U.S. Department of Justice.

Fahrunisa, A. R. (2022). Ragulasi Emosi Pada Korban Bullying di SMP Batik Surakarta. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 3, 12-22.

Ghifari Rizky Pahlevi, H. R. (2018). Regulasi Emosi Dan Resiliensi Pada Mahasiswa Merantau Yang Tinggal Di Tempat Kos. Jurnal Psikologi Volume 11 No.2, Desember 2018, 180-189. Retrieved from https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2263

Gredyana Estefan, Y. D. (2014). Gambaran Proses Regulasi Emosi Pada Pelaku Self Injury. Jurnal Psikologi Volume 12 Nomor 1, Juni 2014, 12, 26-33.

Gross, J. J. (2007). Emotion Regulation: Conceptual Foundation. Handbook of Emotion Regulation. (J. J. Gross, Ed.) New York: Guilford Publications.

Hanifah, A. N. (2020). Regulasi Emosi Dalam Mencapai Kebahagiaan Perempuan Yang Menikah Muda di Desa Banyusoco Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Skripsi Jurusan Bimbingan Dan Konseling Islam.Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Hurlock, E. (2003). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Kartika. (2004). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dan Penerimaan Kelompok Teman Sebaya Pada Remaja. Jurnal Psikologi vol.2 no. 2, 2, 164-166. Retrieved from http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Psi/article/download/24/24

Mutia Mawardah, M. A. (2014). Regulasi Emosi dan Kelompok Teman Sebaya Pelaku Cyberbullying. Jurnal Psikologi, 41, 60-73.

Prasetio, D. (2021). Hubungan Regulasi Emosi Dengan Bullying Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Makassar. JIVA: Journal of Behavior and Mental Health. Volume 2 Nomor 1.

Thompson. (2012). Emotion Regulation: A Theme In Search of Definition. New York: ohn Willey sons, Inc.

Wardah. (2020). Keterbukaan Diri Dan Regulasi Emosi Peserta didik SMP Korban Bullying. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling. Volume 2 Nomor 2.

Downloads

Published

2023-10-31

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.