HUBUNGAN WAKTU TUNGGU (LENGTH OF STAY) DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA KELUARGA PASIEN DI IGD RS ORTOPEDI PROF DR R SOEHARSO SURAKARTA

Authors

  • Adi Fitrianto Adi, Indonesia
  • Widiyono
  • Sutrisno

DOI:

https://doi.org/10.47942/jiki.v16i2.1389

Keywords:

Waktu tunggu, kecemasan, length of stay, anxiety

Abstract

Salah satu bentuk mutu pelayanan yang sering dikeluhkan keluarga pasien adalah waktu tunggu. Waktu tunggu adalah waktu pasien tiba di IGD yang dimulai dari pendaftaran sampai administrasi atau dari proses triase sampai selesai pelayanan di IGD. Menunggu dapat memberikan suatu reaksi emosional bagi keluarga pasien, seperti kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara waktu tunggu (length of stay) dengan tingkat kecemasan keluarga pasien di IGD RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Sampel penelitian ini adalah keluarga pasien yang memenuhi kriteria inklusi penelitian sebanyak 60 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, yang dilanjutkan analisi uji korelasi Spearman. Pengumpulan data menggunakan kuesioner HADS dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh p-value 0.047<0.05 yang menunjukkan terdapat hubungan antara waktu tunggu dengan tingkat kecemasan keluarga di IGD RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta.

 

References

Astutik, W. 2011. “Hubungan Tingkat Pendidikan dengan Kecemasan Keluarga Pasien dalam Menghadapi Perawatan di Ruang ICU Rumah Sakit Umum Daerah UNIT SWADANA Pare. Badero.

M, Dayrit. W, & Maratning. A. 2015. Kesehatan Mental Psikiatri. Jakarta: EGC.

Boswick J. A, Ir, MD. (1997). Perawatan Gawat darurat (Emergency Care). Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Brunner & Suddarth. (2002). Keperawatan Medikal Bedah, vol 1. EGC: Jakarta.

Budiaji, W. 2016. “Hubungan pengetahuan tentang triase dengan tingkat kecemasan pasien label kuning di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit dr. Moewardi Surakarta.

Budikasi, F 2015. Dalam Skripsi “Hubungan Pemberian Informed Consent dengan Tingkat Kecemasan Pasien Preoperasi Kategori Status Fisik I-II Emergency American Society Of anesthesiologists (ASA) di Instalasi Gawat Darurat RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado.

De. Araujo, L., Susilo, E., Widodo G. (2014). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kecemasan Pasien Di Ruang Triase Instalasi Gawat Darurat Hospital Nacional Guido Valadares. Ungaran: Jurnal STIKES Ngudi Waluyo.

Furwanti. (2014). Gambaran Tingkat Kecemasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat RSUD Panembahan Senopati Bantul. Yogyakarta: Jurnal Universitas Muhamadiyah

Hasan. L. (2012). Hubungan Response Time Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Badan Rumah Sakit Daerah Kabupaten Banggai. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran. Manado. Skripsi (Tidak dipublikasikan)

Haliman, A & Wulandari, A. 2012. Cerdas Memilih Rumah Sakit. Yogyakarta: ANDI

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 856 Tahun 2009 Mengenai Standar Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129 Tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.

Kuraesin, N. D (2009). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan pasien yang akan menghadapi operasi di RSUP Fatmawati. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. 61-88

Kusuma, H & Nurarif, A (2015). Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis & NANDA. Jogjakarta: Mediaction.

Kencana. (2012). Hubungan Antara Persepsi Pasien Tentang Perawat IGD RSUD Wates Kulon Progo Yogyakarta dengan Kecemasan Pasien IGD RSUD Wates Kulon Progo Yogyakarta. Yogyakarta: Jurnal Universitas Respati

Lestari, T (2015). Kumpulan Teori Untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Notoatmodjo (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Setiadi (2013). Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Standart Pelayanan Keperawatan Gawat Darurat di Rumah Sakit, 2011.

Stuart, G. W. (2006). Buku Saku Keperawatan Jiwa. Edisi 5. Jakarta: EGC

Sutanto, Priyo Hastono. (2007). Analisis Data Kesehatan. Jakarta: FKMUI

Timporok, O 2015. Dalam skripsi “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Medik RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado.

Downloads

Published

2023-10-31

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.